Senin, 23 Juli 2012

ILMUWAN TERKENAL DI DUNIA

Posted by Nur Fadhilah at 9:16:00 AM
Christian Doppler (1803-1853)

Christian Doppler adalah seorang matematikawan Austria. Ia terkenal karena prinsip yang pertama kali diajukannya, yaitu mengenai warna cahaya pada bintang ganda di tahun 1842. Prinsip ini sekarang dikenal sebagai Efek Doppler.
Doppler menduga bahwa ketinggian nada akan berubah jika sumber bunyi bergerak. Namun, ia belum menguji hipotesisnya itu hingga tahun 1845.
Untuk menguji hipotesisnya itu, Doppler menggunakan dua pasang peniup terompet: satu pasang peniup terompet diam di sebuah stasiun kereta, sedangkan sepasang yang lain bergerak di atas gerbong kereta yang terbuka. Kedua pasang peniup terompet itu membunyikan not yang sama.
Ketika kereta melintasi stasiun, sangat jelas bahwa frekuensi kedua nada itu berbeda meskipun para peniup terompet itu membunyikan nada yang sama. Dengan demikian, Doppler telah membuktikan hipotesisnya.
Pada masa berikutnya, hasil kerja Doppler tak hanya diaplikasikan pada bunyi, tetapi juga dapat diaplikasikan pada cahaya oleh seorang ilmuwan bernama Fizeau.


Ernst Mach (18 Februari 1838-19 Februari 1916)

Ernst Mach lahir di Chirlitz, sebuah wilayah kekaisaran Austria. Ayahnya adalah seorang guru privat dari keluarga bangsawan Brethon di Zlin, Moravia bagian selatan setelah lulus dari Universitas Praha. Hingga usia 14 tahun, Mach dididik di rumah oleh kedua orang tuanya. Kemudian ia bersekolah di Gymnasium di Kremsier selama 3 tahun.
Pada tahun 1855 ia masuk Universitas Vienna. Di situ ia mempelajari fisika dan memperoleh gelar doktornya pada tahun 1860. Pekerjaannya mula-mula terfokus pada efek Doppler pada cahaya dan bunyi. Pada tahun 1864 ia mendapat tugas sebagai profesor matematika di Graz dan pada tahun 1866 ia dilantik sebagai profesor di bidang fisika. Selama periode itu Mach melanjutkan pekerjaannya dalam hal psiko-fisika dan persepsi sensor. Pada tahun 1867 ia dilantik sebagai Guru Besar Fisika Eksperimen di Universitas Charles-Ferdinand, Praha, di mana ia tinggal selama 28 tahun.
Hampir seluruh kajian ilmiah Mach berkisar mengenai fisika eksperimen yang difokuskan pada interferensi, difraksi, polarisasi, dan refraksi cahaya pada medium yang berbedda dengan perlakuan tertentu. Kajian itu segera diikuti dengan penelitiannya tentang kecepatan supersonik. Makalah Mach mengenai hal ini diterbitkan pada tahun 1877 dan dengan tepat mendeskripsikan efek bunyi yang teramati selama gerak supersonik sebuah proyektil (peluru).
Mach memperkirakan adanya gelombang kejut yang berbentuk kerucut di mana proyektil berada pada bagian puncak kerucut itu. Perkiraan ini akhirnya terbukti secara eksperimen. Rasio laju proyektil terhadap laju bunyi sekarang ini dikenal sebagai bilangan Mach yang sangat penting di bidang aerodinamika dan hidrodinamika.
Kontribusi utama Mach pada ilmu fisika adalah deskripsinya tentang gelombang kejut balistik. Ia mendeskripsikan mekanisme penembusan rintangan udara yang mampat di depan peluru. Dengan menggunakan metode tertentu, Mach dan putranya, Ludwig, berhasil mengambil foto bayangan gelombang kejut yang tak nampak. Selama awal 1890-an, Ludwig berhasil menemukan sebuah interferometer yang memungkinkan diperolehnya foto yang lebih jelas. Mach juga memberikan kontribusi bagi ilmu psikologi dan fisiologi termasuk cara penanganan fenomena gestalt, penemuannya tentang pita Mach sebuah pencegahan munculnya satu tipe ilusi visual tertentu, dan terutama penemuannya tentang fungsi non-akustik telinga bagian dalam yang membantu pengendalian keseimbangan tubuh manusia.
Pada tahun 1898 Mach mengalami stroke dan pada tahun 1901 ia pensiun dari Universitas Vienna, lalu terpilih sebagai anggota majelis tinggi Parlemen Austria. Ia meninggalkan Vienna pada tahun 1913, pindah ke rumah putranya di Vaterstetten, dekat Munich, di mana ia meneruskan tulisan-tulisannya hingga meninggal pada tahun 1916.


Thomas Young (1773-1829)

Thomas Young adalah seorang ilmuwan yang memiliki kontribusi di bidang optika, mekanika zat padat, fisiologi, bahasa, bahkan musik. Thomas Young lahir di Milverton, Somerset, Inggris pada 13 Juni 1773 sebagai anak pertama dari 10 bersaudara. Pada usia 14 tahun ia sudah menguasai Bahasa Yunani dan bahasa latin serta mengenal Bahasa Prancis, Italia, Ibrani, Kaldea, Syria, Samara, Persia, Arab, Turki.
Young mulai mempelajari ilmu kedokteran di London pada tahun 1792, pindah ke Edinburgh pada tahun 1794, dan setahun kemudian pindah ke Göttingen, Jerman di mana ia memperoleh gelar doktor bidang fisika pada tahun 1796. Pada tahun 1797 ia masuk ke Emmanuel College, Cambridge. Di tahun yang sama ia mewarisi tanah milik adik kakeknya, Richard Brocklesby, yang membuatnya mandiri secara finansial.
Pada tahun 1799 ia berpraktek sebagai dokter di Welbeck Street-48, London. Young menerbitkan banyak artikel-artikel akademiknya tanpa menyertakan nama untuk menjaga reputasinya sebagai dokter.
Pada tahun 1801, Young dilantik sebagai profesor di bidang filosofi alam (khususnya fisika) di Royal Institution. Dalam 2 tahun dia membawakan 91 kuliah. Pada tahun 1802, ia dilantik sebagai foreign secretary of the Royal Society, di mana ia terpilih sebagai anggota pada tahun 1794.
Ia berhenti dari jabatan profesor pada tahun 1803, khawatir tugasnya akan mengganggu praktik pengobatannya. Kuliah-kuliahnya dipublikasikan pada tahun 1807 pada the Course og Lectures on Natural Philosophy dan berisi sejumlah antisipasi atas teori-teori sesudahnya.
Pada tahun 1811 Young menjadi dokter di St. George's Hospital, dan pada 1814 ia bekerja pada komite yang dibentuk untuk menangani bahaya di London. Beberapa tahun sebelum kematiannya, ia tertarik pada asuransi jiwa dan pada tahun 1827 ia terpilih sebagai salah satu dari 8 anggota luar negeri dari Akademi Sains Prancis.
Thomas Young meninggal di London pada 10 Mei 1829 dan dimakamkan di Gereja St. Giles di Farnborough, Kent, Inggris.


Benjamin Franklin (Januari 1705-April 1790)

Benjamin Franklin adalah salah satu pendiri Negara Amerika Serikat. Ia adalah seorang ilmuwan, penulis, ahli politik, sekaligus negarawan. Sebagai ilmuwan, ia memiliki jasa besar sebagai orang pertama yang menemukan fenomena kelistrikan. Ia menemukan penangkal petir, lensa ganda, kompor Franklin, dan penemuan di bidang instrumen musik. Ia mendirikan perpustakaan umum pertama di Amerika dan mendirikan kantor pemadam kebakaran pertama di Pennsylvania.
Franklin merupakan diplomat ulung yang sangat berjasa dalam keberhasilan revolusi Amerika. Franklin dianggap sebagai peletak dasar-dasar nilai dan karakter Bangsa Amerika, suatu kombinasi antara sifat hemat dan praktis, kerja keras, pendidikan, sifat sosial, sistem pemerintahan mandiri, oposisi terhadap sifat otoriter baik poloitik maupun religius, dengan berdasarkan nilai ilmiah dan toleransi.
Franklin menjadi editor surat kabar dan saudagar di Philadelphia yang menjadikannya kaya dan makmur.Franklin sangat tertarik pada sains dan ia populer karena eksperimennya tentang listrik. Ia berperan penting dalam pendirian Universitas Pennsylvania dan Franklin & Marshall College. Ia terpilih sebagai presiden pertama the American Philosophical Society. Sebagai diplomat, Franklin berperan besar dalam menjaga hubungan baik antara Amerika dan Prancis.
Banyaknya prestasi Franklin di bidang politik, budaya, maupun sains, dan statusnya sebagai pendiri negara yang paling berpengaruh menjadikan figur dan namanya banyak diabadikan dalam berbagai atribut. Koin mata uang, uang kertas, nama kapal perang, nama berbagai kota, nama institusi pendidikan, nama-nama orang dan perusahaan banyak menggunakan nama ilmuwan sekaligus negarawan ini.


Hans Christian Orsted (1777-1851)

Orsted adalah seorang fisikawan sekaligus kimiawan berkebangsaan Denmark yang diyakini memiliki kontribusi penting di dunia sains, termasuk penemuannya tentang elektromagnetisme.
Orsted (Inggris: Oersted) lahir pada tanggal 14 Agustus 1777 di RudkObing, sebuah desa di Pulau Langeland-Denmark. Ayahnya adalah seorang pengusaha farmasi. Dalam rangka membantu bisnis keluarganya, Orsted muda mulai mempelajari kimia dan sains. Orsted belajar bahasa Prancis, Jerman, dan Latin. Pada usia 17 tahun, ia kuliah di Copenhagen University di bidang filsafat dan sains. Orsted sangat terpengaruh oleh ide dan pemikiran filsuf-filsuf Jerman, yaitu Immanuel Kant dan Friedrich W. Schelling. Orsted memperoleh gelar di bidang farmasi dengan sangat memuaskan dan kemudian pada tahun 1799 ia memperoleh gelar doktor.
Alessandro Volta menemukan baterai galvanik pada tahun 1800, dan ini memberikan inspirasi bagi Orsted untuk merenungkan sifat alami kelistrikan dan mulai melakukan serangkaian eksperimen tentang listrik. Di musim semi tahun 1820, saat mendemonstrasikan eksperimen di hadapan mahasiswa-mahasiswanya, Orsted menempatkan seutas kawat berarus listrik di dekat sebuah kompas dan ternyata jarum kompas itu menyimpang. Pengamatan atas fenomena ini dengan jelas menunjukkan hubungan antara kemagnetan dan kelistrikan. Melalui serangkaian eksperimen, Orsted menjadi orang pertama yang mengidentifikasi gaya listrik-magnet.
Di bidang kimia, Orsted merupakan ilmuwan pertama yang berhasil memproduksi aluminium. Meski tersedia berlimpah di alam ini, aluminium selalu bercampur dengan unsur lain dan sukar dipisahkan. Orsted berhasil mengidentifikasi senyawa aluminium dan mengekstraknya menjadi unsur yang khas.
Pada bulan November 1850,pemerintah Denmark menetapkan hari libur nasional sebagai bentuk penghargaan bagi Orsted dan jasanya bagi Copenhagen University. Lima bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 9 Maret 1851, Orsted meninggal di Copenhagen dan pemakamannya dihadiri hampir seluruh tokoh masyarakat dan pengusaha terkemuka di Denmark.


Michael Faraday (1791-1867)

Michael Faraday adalah seorang kimiawan sekaligus fisikawan Inggris yang lahir pada 22 September 1791. Faraday adalah orang pertama yang menghasilkan arus listrik dari sebuah medan magnet. Ia juga menemukan istilah diamagnetisme, konsep yang mendeskripsikan karakteristik berbagai benda jika berada dalam medan magnet luar. Ia menemukan efek magnetik pada cahaya, menemukan generator listrik, dan motor listrik. Ia juga dianggap berperan penting atas penemuan Maxwell tentang elektromagnetisme.
Ayah Faraday adalah seorang pandai besi yang menderita sakit kronis yang kadang mengganggu pekerjaanya. Sebagai akibatnya, keluarga Faraday berada dalam kemiskinan dan Faraday hanya sedikit mengecap pendidikan formal di sekolah. Kadang ia dan saudara-saudaranya harus kelaparan.
Meskipun demikian, Faraday memiliki keingintahuan yang besar dan semangat belajar yang tinggi. Saai ia bekerja di sebuah penjilidan buku di London, sebagai seorang remaja yang bergelut dengan beragam buku, dari buku teks hingga ensiklopedia, Faraday membaca semua buku yang ditanganinya. Dengan kegemaran membacanya secara intensif, Faraday mendidik dirinya sendiri dengan berbagai disiplin ilmu, dan mulailah kehidupannya sebagai ilmuwan.
Pada tahun 1812, Faraday menghadiri kuliah di Royal Institution yang diberikan oleh seorang ahli kimia terkenal bernama Humprey Davy. Setelahnya, Faraday menulis surat kepada Davy yang menyatakan ketertarikannya pada materi kuliah dan ia menawarkan dirinya untuk magang. Setahun kemudian, Davy menerima Faraday sebagai asistennya. Davy sering mengajak Faraday ke berbagai negara di Eropa lain di mana Faraday banyak bertemu dengan ilmuwan-ilmuwan paling berpengaruh waktu itu.
Sebagai balasan atas kerjasamanya dengan Davy, Faraday mendapat pendidikan sains secara menyeluruh. Dia kemudian melakukan berbagai riset dan eksperimen tentang listrik dan berhasil merancang sebuah motor listrik. Pada tahun 1821, Faraday menerbitkan tulisan ilmiah tentang rotasi elektromagnet. Saat Davy pensiun, Faraday menggantikan posisinya sebagai kepala Deprtemen Kimia Royal Institute. Dalam masa jabatannya itu, Faraday melakukan berbagai riset. Pada 1831, ia menemukan konsep induksi elektromagnetik yang sangat terkenal. Ia mendapat penghargaan dan memperoleh fasilitas dari pemerintah untuk melanjutkan risetnya.
Pada pertengahan dekade 1850-an, Faraday mengalami serangan demensia yang mengharuskannya pensiun. Ratu Victoria menganugerahinya gelar kebangsawanan, namun ditolaknya. Meskipun demikian, Faraday tetap menerima pemberian sang ratu berupa tempat tinggal di Hampton Court tempat ia menghabiskan masa tuanya. Faraday meninggal di Hampton Court pada 25 Agustus 1867 dan dimakamkan di Highgate Cemetery di London.
Satuan kapasitas kapasitor, yaitu farad, diberikan sebagai penghargaan terhadapnya. Potret Faraday juga diabadikan dalam mata uang poundsterling.


Max Planck (1858-1947)

Max Planck atau lengkapnya Max Karl Ernst Ludwig Planck adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak berperan sebagai peletak dasar teori kuantum. Planck lahir di Kiel, 23 April 1858.
Planck memulai karir fisikanya di Universitas München di tahun 1874, lulus pada tahun 1879 di Berlin. Dia kembali ke München pada tahun 1880 untuk mengajar di universitas itu dan pindah ke Kiel pada tahun 1885. Ia menikahi Marie Mack pada tahun 1886. Pada tahun 1889, dia pindah ke Berlin.
Pada 1889, dia menemukan sebuah konstanta dasar, yang dinamakan konstanta Planck untuk menghitung energi foton. Pada tahun itu juga, dia menjelaskan satuan Planck yang merupakan satuan pengukuran berdasarkan konstanta fisika dasar. Satu tahun kemudian, dia menemukan hukum radiasi termal, yang dinamakan hukum radiasi benda hitam Planck. Hukum ini menjadi dasar teori kuantum, yang muncul 10 tahun kemudian dalam kerjasamanya dengan Albert Einstein dan Niels Bohr. Dari tahun 1905 sampai 1909, Planck menjabat sebagai kepala Perkumpulan Fisikawan Jerman (Deutsche Physikalische Gessellschaft).
Istrinya meninggal pada tahun 1909, dan satu tahun kemudian di menikahi Marga von Hoesslin. Pada tahun 1913, Planck memimpin Universitas Berlin. Sebagai peletak dasar dari fisika kuantum, dia diberikan penghargaan Nobel fisika pada tahun 1918. Max Plack wafat di Goettingen, 4 Oktober 1947 dalam usia 89 tahun.


Ernest Rutherford (1871-1937)

Ernest Rutherford lahir pada 30 Agustus 1871 di Spring Grove (sekarang bernama Brightwater), Selandia Baru dari pasangan petani James Rutherford dan istrinya Martha. James Rutherford adalah imigran dari Perth, Skotlandia.
Ernest Rutherford belajar di Havelock School kemudian di Nelson College dan memperoleh beasiswa untuk belajar di Canterbury College, University of New Zealand. Setelah memperoleh gelar BA, MA, dan BSc, dan melakukan riset selama 2 tahun di bidang teknologi kelistrikan, pada tahun 1895 Ernest Rutherford melanjutkan studi pasca sarjananya di Cavendish Laboratory, di University of Cambridge. Selama menyelidiki radioaktivitas, ia memberikan istilah alfa dan beta untuk mendeskripsikan 2 tipe radiasi yang dipancarkan oleh thorium dan uranium.
Pada tahun 1898, Rutherford dilantik sebagai kepala bagian fisika di McGill University di Montreal, Kanada, di mana ia berkarya dan memperoleh Nobel di bidang kimia pada tahun 1908. Rutherford menikah dengan Mary Georgina Newton (1876-1945) pada tahun 1900 dan memperoleh seorang putri.
Rutherford menyatakan bahwa radioaktivitas merupakan peluruhan atom yang berlangsung secara spontan. Ia menemukan bahwa suatu sampel materi radioaktif memerlukan waktu yang sama untuk meluruh menjadi separonya. Konsep waktu paro ini sangat penting dalam penelusuran usia batuan yang sangat tua.
Rutherford mendapat gelar kebangsawanan pada tahun 1914. Pada tahun 1919 ia kembali ke Cavendish sebagai direktur. Di bawah kepemimpinannya, hadiah Nobel diberikan pada Chadwick atas penemuan neutron (1932), Cockcroft dan Walton untuk eksperimen pembelahan atom menggunakan akselerator partikel, dan Appleton untuk demonstrasi keberadaan ionosfer.
Pada tahun 1931 Rutherford diberi gelar Baron Rutherford of Nelson of Cambridge in the Country of Cambridge, sebuah gelar yang akhirnya hilang karena ia meninggal secara tak terduga di rumah sakit saat menjalani operasi hernia pada tahun 1937. Rutherford dimakamkan di Westminster Abbey, di samping makam J. J. Thomson dan di dekat makam Sir Isaac Newton.


Albert Einstein (1879-1955)

Albert Einstein lahir di Ulm pada tanggal 4 Maret 1879 dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline. Pada tahun 1880, keluarga itu pindah ke Münich, di mana ayah dan paman Albert Einstein mendirikan perusahaan bernama Elektrotechnische Fabrik J. Einstein & Cie, yang bergerak di bidang penyediaan peralatan elektronik listrik DC. Albert memulai pendidikannya di Luitpold Gymnasium.
Meskipun mengalami kesulitan bahasa, Albert Einstein merupakan murid favorit di sekolah dasar. Saat berusia 5 tahun, sang ayah memberinya kompas saku. Einstein yakin bahwa tentu ada sesuatu di daerah sekitar kompas yang memutar jarum kompas itu. Dalam pertumbuhannya, Einstein mulai memperlihatkan bakat matematikanya.
Pada tahun 1889, seorang relasi keluarga bernama Max Talmud, memperkenalkan Einstein pada sains, matematika, dan filosofi, termasuk Kant’s Critique of Pure Reason and Euclid’s Elements (Einstein menyebutnya 'holy little geometry book'). Dari Euclid, Einstein mulai memahami penalaran deduktif, dan pada usia 12 tahun ia mempelajari geometri Eucledian. Tak lama kemudian ia mulai mendalami kalkulus infinitesimal.
Di awal masa remajanya, Einstein mengikuti pendidikan progresif di Luitpold Gymnasium. Einstein tidak menyukai aturan dan pelajaran di sekolah yang mengharuskannya selalu menghapal pelajaran tanpa memahami. Pada ahun 1894, ketika Einstein berusia 15 tahun, perusahaan ayahnya bangkrut karena listrik DC telah tergantikan oleh listrik AC.
Keluarga Einstein pindah ke Italia, mula-mula di Milan dan kemudian ke Pavia. Dalam masa itu Einstein menulis kerja ilmiah pertamanya, ‘The Investigation of the State of Aether in Magnetic Fields’. Einstein ditinggal di Münich untuk menyelesaikan sekolahnya hingga SMA, tetapi pada musim semi 1895, ia menyusul keluarganya di Pavia.
Einstein lebih memilih melamar langsung ke Institute of Technology di Zürich, Swiss, untuk kuliah daripada menyelesaikan sekolahnya. Oleh karena tak mempunyai ijazah, ia diharuskan mengikuti tes masuk yang gagal dilaluinya meski ia memperoleh nilai tinggi untuk matematika dan fisika.
Keluarga Einstein mengirim Albert ke Aarau, Swiss, untuk menyelesaikan sekolahnya. Di Aarau, Einstein mempelajari teori elektromagnetik Maxwell’s. Pada usia 17 tahun ia lulus. Einstein akhirnya bekerja pada kantor Patent di Berne sebagai pemeriksa patent untuk peralatan elektromagnetik.
Dengan teman-teman yang ditemuinya di Berne, Einstein membentuk kelompok diskusi mingguan tentang sains dan filosofi yang diberi nama anekdot sebagai ‘The Olympia Academy’. Saat bekerja di kantor patent , Einstein memiliki 4 tulisan (paper) yang diterbitkan di The Annalen der Physik, jurnal fisika terkemuka di Jerman. Keempat tulisan itulah yang dicatat sejarah sebagai ‘The Annus Mirabilis Papers’. Keempat tulisan itu adalah:
1. Tulisan tentang sifat partikel cahaya mencetuskan berbagai ide seperti efek fotolistrik.
2. Tulisan tentang Gerak Brown sebagai bukti langsung aksi molekular yang mendukung teori atom.
3. Tulisan tentang elektrodinamika benda bergerak memperkenalkan teori relativitas khusus yang sangat terkenal.
4. Tulisan tentang kesetaraan massa dan energi dengan rumus E=mc^2.
Keempat tulisan itu sekarang dikenal sebagai karya Einstein yang paling hebat dan tahun 1905 dikenal sebagai tahun ajaib bagi Einstein.
Pada usia 26 tahun, di bawah bimbingan Alfred Kleiner, professor fisika eksperimen, Einstein memperoleh gelar Ph.D. dari University of Zürich. Disertasinya berjudul ‘A New Determination of Molecular Dimensions’. Dengan kecerdasannya, Einstein menjadi fisikawan yang sangat berpengaruh di zamannya.
Pada 17 April 1955, Albert Einstein mengalami pendarahan. Dia meninggal di Rumah Sakit Princeton pada usia 76. Jenazah Einstein selanjutnya dikremasi. Sebelum dikremasi, seorang ahli patologi rumah sakit bernama Thomas Stoltz Harvey mengeluarkan otak Einstein untuk diawetkan tanpa persetujuan keluarganya dengan harapan bahwa ahli neurosains masa depan dapat menemukan rahasia yang membuat Einstein sedemikian cerdas.


Henri Becquerel (1852-1908)

Antoine Henri Becquerel lahir pada tanggal 15 Desember 1852 di Paris di sebuah keluarga di mana termasuk ia dan nanti anaknya merupakan 4 generasi saintis dalam keluarga itu. Henri Becquerel adalah ayah dari Jane Becquerel, anak dari A. E. Becquerel, dan cucu dari Antoine Caesar Becquerel.
Henri Becquerel mempelajari sains di The École Polytechnique and Engineering. Pada tahun 1890 ia menikasi Louise Désirée Lorieux. Pada tahun 1892, ia menjadi yang ketiga dari keluarganya yang menjabat kepala Departemen Fisika di Museum National d’Histoire Naturelle. Pada tahun 1894, ia menjadi insinyur kepala di departemen yang mengurusi jalan raya dan jembatan.
Pada tahun 1896, ketika meneliti fosforesensi pada garam uranium, secara tak sengaja Becquerel menemukan radioaktivitas. Sambil mendalami tulisan karya Wilhelm Conrad Röntgen, Becquerel menyekap sebuah zat fluorosensi, yaitu potassium uranil sulfat, dalam pelat foto dan bahan berwarna hitam yang dipersiapkan untuk eksperimen yang memerlukan sinar matahari.
Namun, sebelum meulai eksperimennya, Becquerel justru menemukan pelat fotonya telah terekspos seluruhnya meski belum digunakan. Penemuan ini mendorong Becquerel untuk mendalami emisi spontan dari radiasi inti. Ia mempresentasikan metodenya pada The French Academy of Sciences pada tanggal 24 Januari 1896.
Pada tahun 1903, Becquerel saling berbagi hadiah Nobel bidang fisika dengan Pierre Curie dan Marie Curie dalam kontribusinya menemukan radioaktivitas. Pada tahun 1908, di tahun yang sama sebelum ia meninggal, Becquerel terpilih sebagai Permanent Secretary of the Academy of Sciences. Ia meninggal di Le Croisic pada tanggal 25 Agustus 1908 di usia 55 tahun.

0 comments:

Posting Komentar

 

Dhilah siBluuu Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review