Minggu, 29 Mei 2011

PEKAN SASTRA 2011

Posted by Nur Fadhilah at 5:42:00 AM
Alhamdulillah, SMAN 4 Kendari berhasil meraih juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi dalam rangka Pekan Sastra 2011 yang diadakan oleh HMPS Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP-UNHALU pada 20 Mei 2011 lalu.
SMAN 4 Kendari mengirimkan dua tim. Tim A digawangi oleh Hikmawati Madjid, Nur Fadhilah, Wa Efis Amalia (XI.IA.1), Elifas Mushahi, St. Hajar (XI. IS.1) dan Anggarda (XI.IA.8). Sedangkan tim B digawangi oleh 7 siswa kelas X (maaf nih, nama-namanya kurang tahu ^^). Oh ya, awalnya tim A juga digawangi oleh 7 siswa. Tapi satunya tidak jadi ikut karena suatu masalah. Kami dilatih dan dibimbing oleh 3 orang guru. Yaitu, Pak Iqbal, Bu Naniatri dan Bu Yanci L..
Latihan kami lakukan dengan sangat intensif. Persiapannya sangat matang. Ya, ± sebulan. Awalnya, kami tak begitu saling kenal dengan siswa dari kelas lain. Khususnya saya. Saya sama sekali tak mengenal Elifas, Hajar dan Aan. Saya hanya sering melihat wajah mereka saja berkeliaran di sekolah. Tapi tak pernah tahu nama. Melalui latihan yang kami lakukan, boleh dibilang, hampir setiap hari, kami jadi lebih akrab. Saya senang bisa berteman dengan mereka, karena keramahan mereka.
Dari ketiga pembimbing kami, Pak Iqbal lah yang paling berperan. Guru muda yang akrab dipanggil Kak Iqo oleh siswa-siswi SMAN 4 Kendari ini lah yang memberi kami inspirasi dan mengajarkan kami bagaimana musikalisasi puisi yang baik dan benar. Beliau memang dikenal sebagai guru multitalenta. Ya, walaupun kami sering dimarahi karena kesalahan-kesalahan yang kami perbuat selama latihan. Tapi, it’s ok!!
Sebelum tampil pada lomba yang sebenarnya, kami terlebih dulu tampil di acara perpisahan SMAN 4 Kendari pada Rabu, 11 Mei 2011 lalu di Hotel Kubra Kendari. Hal tersebut cukup melatih mental. Alhamdulillah, kami disambut baik oleh riuh tepuk tangan para penonton. Senangnya lagi, kami disaksikan langsung oleh Bapak Walikota, H. Asrun, M.Eng.Sc..
Jum’at pagi, 20 Mei 2011. Kami datang ke rumah Kak Iqo yang tidak begitu jauh dari sekolah untuk meminjam baju seragam. Pukul 13.45 WITA kami didampingi Bu Nani berangkat ke gedung teater UNHALU. Karena di sanalah lomba diadakan.
Cukup deg-degan juga. Karena semua lawan sangat tangguh. Tim A mendapat giliran tampil ke-5 sedangkan tim B ke-7. Huft. Giliran kami naik ke panggung. Jantung serasa mau copot. Dalam musikalisasi puisi pastinya ada yang bermain musik, bernyanyi dan membaca puisi tentunya. Elifas dan Aan bermain musik (Elifas pada gitar dan Aan pada gendang), Titi, Efi dan Hajar bernyanyi sedangkan saya membaca puisi. Kami membawakan dua puisi. Puisi wajib berjudul Anak Sulawesi karya La Ode Balawa dan puisi pilihan berjudul Perjamuan karya Irianto Ibrahim. Alhamdulillah, memuaskan. Saya sempat meneteskan air mata saat membaca puisi pilihan. Walaupun saya salah menyebut kata. Kata ‘sudah’ saya ganti menjadi ‘telah’. Hehe..
Alhamdulillah, usaha kami selama ± sebulan tidak sia-sia. Kami kembali mengharumkan nama SMAN 4 Kendari dengan menyabet juara 2 dengan skor 638. Walaupun tidak membawa pulang piala bergilir, kami tetap bangga. Pasalnya, kami hanya berbeda satu poin dengan juara 1, yaitu SMAN 1 Kendari dengan skor 639.
Tahun depan, kami harus lebih berusaha. Harus lebih baik dari tahun ini. Harus bisa introspeksi diri. Kira-kira apa yang kurang ya, sehingga kami bisa kalah satu poin????? ^^

0 comments:

Posting Komentar

 

Dhilah siBluuu Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review