Rabu, 23 Mei 2012

OUR BELOVED TEACHER’S SURPRISE BIRTHDAY PARTY

Posted by Nur Fadhilah at 6:28:00 AM
“Dhil, kamu tolong hubungin Pak Hartono, ya!” pinta Darmalianti Rahim (bendahara) sewaktu bertandang ke rumahku buat menagih uang untuk surprise partynya Pak Hartono, wali kelas kami di XII Olimpiade.

“Boleh. Tapi saya nanti bilangnya apa?”

“Bilang saja mau daftar PPMP!”

“Oh, ok ok!”

Maka jadilah rencana iseng saya untuk mengerjai Pak Hartono. Saya bilang ke beliau, kalau saya mau mendaftar PPMP. Mungkin terkesan agak memaksa, saya menyuruh beliau datang ke sekolah (berhubung besoknya itu beliau tidak ada jam mengajar). Beliau pun berjanji untuk datang ke sekolah sekitar pukul 10.00 Wita.

Senin, 21 Mei 2012. Sebelum pukul 10.00, kami, para ANALYSIS (Anak Loyal-Solid Olimpiade Sains) sudah berkumpul di Telkom. Setelah itu, kami bersama-sama menuju sekolah kami, yang sebenarnya terletak persis di depan Telkom (SMAN 4 Kendari).

Tapi kami gelisah karena sang kue belum datang-datang juga. Akhirnya, sekitar pukul 10.30 Wita, Lia dan Afriyanti S. Lamuru datang juga dengan membawa kue. Katanya masih ada dua kue lagi.

Sudah hampir pukul 11.00 Wita, tapi Pak Hartono belum datang-datang juga. Setelah disms, katanya beliau akan ke sekolah jam 11.00. Setelah jam 11.00 berlalu, beliau disms lagi. Katanya dia akan datang pukul 12.00 Wita. Kami jadi berpikir, sebenarnya yang dikerjain siapa sih? Kami atau Pak Hartono??

Akhirnya, pada pukul 12.00 lewat, beliau datang juga.

“Eh, eh, Pak Hartono sudah datang!”

“Mana-mana? Di mana?”

“Di dekat palang.”

“Dhilah, Dhilah, mana Dhilah?”

(Perhatian: dialog di atas didialogkan dengan penuh kehebohan)


Saya panik. Berhubung saya sedang mendownload video di laptop, saya jadi bingung harus mendahulukan yang mana? Downloadan saya atau janji saya bertemu dengan Pak Hartono? Akhirnya, saya memutuskan untuk menemui Pak Hartono sesegera mungkin. Saya pun berlari menghampiri beliau. Dalam keadaan yang masih ngos-ngosan, saya pun bertanya macam-macam hal dengan beliau, asal nyambung saja dengan topik PPMP.

Beliau pun mengajak saya ke ruangan wakasek kesiswaan. Ketika beliau sudah memasuki ruangan, saya pun memberi kode kepada teman-teman yang lain untuk memulai surprise partynya.

Saya sudah mulai kehabisan kata-kata dalam menghadapi Pak Hartono. Karena kenyataannya, saya memang tak ingin mendaftar PPMP. Jujur, kepanjangan PPMP saja saya baru tahu ketika bertanya kepada Lia. Lupa juga apa kepanjangannya. Hehe..

Saya pun kembali menambah daftar kebohongan saya. Saya bilang, kalau saya harus mendaftar PPMP hari ini, karena besok saya harus keluar kota bersama seluruh keluarga untuk menghadiri acara pernikahan keluarga dan tidak tahu kapan akan kembali. Yee… saya berhasil membuat Pak Hartono bingung harus berbuat apa menghadapi kondisi saya.

Di tengah beliau yang kebingungan, tiba-tiba terdengar nyanyian lagu ‘Happy birthday’. Saya masih ingat dengan sangat jelas ekspresi wajah beliau ketika mendengar lagu tersebut. Awalnya datar dan masih memberikan penjelasan kepada saya. Beliau sama sekali tidak menyadari bahwa lagu tersebut dipersembahkan untuknya. Ketika saya juga sudah mulai bernyanyi dan teman-teman yang lain mulai mengerumuni Pak Hartono, barulah dia sadar bahwa hari ini adalah ulang tahunnya.

“Wah, saya sendiri saja tidak ingat kalau hari ini ulang tahun saya,” katanya sumringah masih dengan suara yang berat dan berwibawa.

Beliau pun meniup lilin. Tepuk tangan sorak-sorai gembira bergemuruh. Saya lalu mencium tangan Pak Hartono dan memohon maaf karena telah mengerjainya.

Ternyata beliau sama sekali tidak menyangka akan mendapat surprise party. Katanya, saya sangat meyakinkan dalam mengerjai beliau. Apalagi diriku yang terkenal polos ini (jiaahhhhh!!)..^^

Selanjutnya adalah acara potong-potong kue. Karena kuenya banyak, kami pun membagi-bagikannya kepada guru-guru. Pak Arimappa, Bu Naniatri, Pak Mangalisu, Pak Edy Husain, dan lain-lain. Tak lupa kami juga memberikan beliau kado spesial berupa baju koko dan sajadah pada Pak Hartono. Masih ada dua kue lagi. Kami lalu memakannya bersama. Ternyata, masih ada sisanya lagi. Kami pun membagi-bagikannya pada adik-adik kelas yang kebetulan lewat.

Alhamdulillah, masih ada satu kenangan yang bisa kami tinggalkan di SMAN 4 Kendari sebelum kami benar-benar akan meningalkan sekolah ini. Tinggal menghitung hari, hal itu akan terjawab pada tanggal 26 Mei 2012 nanti. Insya Allah seluruh siswa kelas XII angkatan 2011/2012 SMAN 4 Kendari, terkhusus ANALYSIS, lulus 100%. Aamiiin…

Sekali lagi, HAPPY BIRTHDAY PAK HARTONO :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Dhilah siBluuu Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review